Rabu, 25 April 2018

Kepoin yuk ....


Sagusablog adalah pelatihan online pertama yang aku ikuti.  Apa sih Sagusablog ???
Sagusablog adalah satu guru satu blog.  Pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI yang mempelajari bagaimana cara membuat blog.  Sebagai guru kejuruan, blog adalah salah satu cara dalam memberikan informasi kepada siswa, pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas saja tetapi siswa dapat mencari informasi yang lebih rinci terhadap mata pelajaran di dalam sebuah blog.
Dengan membuat semenarik mungkin sehingga siswa tidak bosan dalam belajar secara online.  

Blog ini adalah karya pertama saya dalam mengikuti pelatihan secara online, semoga akan lahir karya berikutnya dari pelatihan online yang diselenggarakan oleh IGI  

Awalnya belum terbiasa mengikuti ritme pelatihan yang bisa dibilang fleksibel, karena bisa dilakukan kapanpun peserta memiliki waktu untuk mengerjakan tugas yang diberikan.  Semangat para peserta dan keaktifan dalam mengerjakan tugas merupakan seni tersendiri dalam membangun mood dalam mengerjakan setiap tugas. Hal itu terbukti  dengan melihat percakapan di group selegram, karena tidak semua peserta mengerjakan tugas pada saat jam kerja ataupun jam istirahat. Jadi selama ditinggal beberapa jam bahkan menit akan terlihat berapa percakapan di dalam group yang belum terbaca.  Meski terkadang hanya menyimak dan mengambil ilmu dan langkah terbaik dari setiap permasalahan yang ditemui saat membaca modul atau mengerjakan tugas.  Itu salah satu keuntungan mengikuti pelatihan secara online, yaitu dapat membaca modul dan tugas yang diberikan disesuaikan dengan keinginan peserta dalam membaca ataupun mengerjakan tugas.  

Tips jitu untuk tidak mengerjakan tugas dengan lancar 
seperti berkendara di jalan tol ....
1.   Pastikan anda dalam keadaan nyaman dan kondusif
2.   Baca doa terlebih dahulu sebelum menghidupkan leppy
3.   Hidupkan leppy dan langsung menuju ke pusat informasi
4.   Ikuti prosedur sesuai urutan yang diberikan
5.   Baca modul dengan tuntas !!!
6.   Ulangi membaca modul dan siapkan hp untuk memfoto             langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk mengerjakan       tugas
7.   Kerjakan langkah yang secara urut yang telah dipaparkan
      oleh modul
8.   Tonton video dengan alamat yang tertera pada modul untuk menambah keyakinan dalam      
      melangkah bahwa yang dilakukan sudah benar dan sesuai modul
9.   Periksa kembali apakah langkah yang sudah dikerjakan sama dengan perintah tugas yang
      diberikan
10. Jika masih ada kebingungan dalam menyelesaikan tugas, bisa minta bantuan ke youtube untuk
      mencari apa yang kita mau sesuai dengan permasalahan yang ditemui
11. Apabila masih juga menemui kesulitan baru deh minta bantuan mentor

Semakin serius saya dalam mengerjakan tugas, dan semakin banyak masalah yang saya temui, semakin menantang diri saya untuk terus ...terus... dan terus... mencoba dan berusaha hingga menemui secercah cahaya yaitu permasalahan yang saya jumpai berangsur angsur berkurang. Sehingga tugas dapat dikumpulkan tepat waktu dengan hasil yang maksimal menurut saya. 

Semoga para mentor handal diberikan kesehatan dan kesabaran  yang sebanyak-banyaknya sehingga dapat membimbing para peserta pelatihan ini sehingga peserta dapat menyelesaikan dan menghasilkan karya sesuai harapan bersama.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar