SILABUS
(Sumber Permen 22/2016 dan Model Silabus Revisi
2017)
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : X / Ganjil
Mata Pelajaran : Dasar Kesehatan
Ternak
Materi Pokok : Vaksin, Obat,
Vitamin, Desinfektan
Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar yang akan dicapai
|
Materi
Pokok
|
1:
Dasar Kesehatan Ternak (12 jam pelajaran)
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang VOVD
|
KD
3.5
|
1.
Pengertian vaksin, obat, vitamin, dan desinfektan
2.
Uraian tentang kegunaan vaksin, obat, vitamin dan
desinfektan
3.
Uraian tentang cara penggunaan vaksin, obat,
vitamin dan desinfeksi
|
/
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Berdasarkan Permendikbud No. 22/2016)
Satuan Pendidikan : SMK
N 1 Tulang Bawang Tengah
Kelas/Semester : X /Ganjil
Mata Pelajaran : Dasar Kesehatan Unggas
Materi Pokok : Vaksin, Obat,
Vitamin dan Desinfektan
Pembelajaran ke : 1 / 2 / 3
Alokasi Waktu :30 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Ternak pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional
2.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja
Agribisnis Ternak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Mata Pelajaran
|
|||
No.
|
Kompetensi Dasar
|
No.
|
Indikator
|
3.5.
|
Memahami
berbagai VOVD
yang
digunakan untuk ternak unggas
|
3.5.1.
|
Membedakan
antara vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
|
3.5.2.
|
Menjelaskan
kegunaan vaksin, obat, vitamin, dan desinfektan
|
||
3.5.3
|
Mendemonstasikan
cara penggunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
|
||
Mata Pelajaran
|
|||
4.5.
|
Mengidentifikasi
VOVD yang
diperlukan
ternak unggas
|
4.5.1.
|
Mengidentifkasi bahan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
sesuai karakteristik yang dimilikinya
|
4.5.2.
|
Melakukan
VOVD yang diperlukan ternak
|
Karakter: Disiplin, Kerjasama, Teliti,
dan Tanggung jawab dalam memahami berbagai bahan VOVD yang digunakan
ternak unggas
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan bahan vaksin peserta
didik dapat membedakan bahan vaksin,
obat, vitamin dan desinfektan dengan benar
2.
Peserta didik dapat menjelaskan
kegunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
dengan cermat
3.
Peserta
didik dapat mendemonstasikan cara penggunaan vaksin, obat, vitamin dan
desinfektan dengan benar
D. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
vaksin, obat, vitamin, dan desinfektan
2.
Uraian
tentang kegunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
3.
Uraian
tentang cara penggunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfeksi
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Presentasi
F.
Media
Pembelajaran
1.
Power
Point
2.
Vaksin,
Obat, vitamin, desinfektan
3.
Kertas
dan karton
G. Sumber Belajar
Modul Dasar Kesehatan Ternak Kelas X SMK
H. Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
b. Motivasi
Keberhasilan dalam pemeliharaan
broiler salah satunya adalah pengelolaan kesehatan. Mengelola kesehatan
ternak unggas yang meliputi pencegahan penyakit, diagnosa penyakit,
pengobatan ternak sakit, perencanaan program kesehatan, pelaksanaan program
kesehatan, dan evaluasi program kesehatan ternak unggas
c. Dari kegiatan pengelolaan
kesehatan, bahan apa saja yang digunakan
d. Pemberian Acuan
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
|
10 menit
|
Inti
|
Pemberian Rangsangan
a.
Guru menyiapkan vaksin, obat, vitamin, dan
desinfektan
b.
Guru mengajak peserta didik untuk mengamati vaksin, obat, vitamin, dan
desinfektan
Identifikasi
Masalah
a.
Guru bertanya tentang vaksin, obat, vitamin, dan
desinfeksi.
b.
Peserta didik menyebutkan pengertian vaksin, obat,
vitamin dan desinfeksi
Pengumpulan
Data
a.
Guru membagikan LKPD.
b.
Peserta didik membaca LKPD
c.
Peserta didik mendiskusikan tugas yang
ada pada LKPD.
d.
Guru memberikan tugas mengamati dan
menyebutkan pengertian dan kegunaan bahan VOVD.
e.
Peserta didik mengamati dan menuliskan
pengertian dan kegunaan bahan VOVD pada kertas yang telah dibagikan.
f.
Hasil kerja peserta didik ditempel di
depan
Pembuktian
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait.
Mengomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
35 menit
|
Penutup
|
Refleksi
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan
Evaluasi
Guru memberikan tugas mengenai VOVD
Tindak Lanjut
Guru mengoreksi hasil tugas, menilai, dan
mengembalikan kembali hasil tugas kepada siswa
Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya yaitu Mengidentifikasi VOVD yang
diperlukan ternak unggas
|
5 menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a.
Teknik
Penilaian:
c.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
d.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
b.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran
c.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
Mengetahui
Kepala
SMK.N 1 TB.Tengah Guru Mata Pelajaran,
SUNGKOWOTITIS
WH.,SP.,M.M RIRIN
DWI NURCAHYANTI, S.Pt.
NIP 19680225 199203 1 004 NIP.
19830526 200902 2 006
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Pengembangan Bahan ajar
Lampiran 2 :
Media pembelajaran
Lampiran 3 :
Lembar kerja peserta didik
Lampiran 4 : Instrumen penilaian (Kisi-kisi, Soal, Kunci/rubrik/rambu-rambu
Jawaban, Pedoman penskoran)
Lampiran 1 : Pengembangan Bahan ajar
BAHAN AJAR
Sekolah : SMKN 1 Tulang Bawang Tengah
Mata
pelajaran : Dasar Kesehatan Ternak
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Kompetensi
Dasar
3.5
Memahami berbagai VOVD yang digunakan untuk ternak
Indikator
3.5.1
Membedakan antara vaksin,
obat, vitamin dan desinfektan
3.5.2
Menjelaskan kegunaan vaksin,
obat, vitamin dan desinfektan
3.5.3
Mendemonstrasikan cara
penggunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
pengamatan bahan vaksin peserta didik membedakan bahan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
2.
Peserta
didik dapat menjelaskan kegunaan vaksin, obat,
vitamin dan desinfektan dengan cermat
3.
Peserta
didik dapat mendemonstrasikan cara penggunaan vaksin,
obat, vitamin dan
desinfektan
Materi
4.
Pengertian
vaksin, obat, vitamin, dan desinfektan
5.
Uraian
tentang kegunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
6.
Uraian
tentang cara penggunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfeksi
Uraian/
Paparan Materi
VOVD
1.
Vitamin
Vitamin adalah substansi
organic yang dibutuhkan oleh ternak dalam jumlah yang sangat sedikit, untuk
mengatur berbagai proses di dalam tubuh agar berjalan normal (kesehatan,
pertumbuhan, produksi, reproduksi)
2.
Antibiotik (Obat)
Jenis- jenis obat yang biasa digunakan untuk
pengobatan ternak sakit dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
1.
Berdasarkan bentuk obat : cair,serbuk,kristal,bolus atau tablet atau
pil,emulsi
2.
Berdasarkan kekuatan membunuh mikroorganisme : Spektrum luas, Spektrum
sempit (spesifik).
Antibiotik merupakan bahan yang dihasilkan oleh
mikroorganisme terutama fungi yang dapat menghambat atau membasmi
mikroorganisme lain.
Prinsip
antibiotik :
1.
Bakteriostatik atau
menghambat kerja bakteri, Eritromisin,tetrasiklin,sulfanamid.
2.
Bakterisidal atau
membunuh bakteri, Penisilin,
streptomisin, neomisin, basitrasin.
Jenis bakteri :
1.
Gram positif,
mempunyai dinding sel yang luas jika diberi zat warna terlihat jelas.
2.
Gram negative,
mempunyai dinding sel sempit jika diberi zat warna tidak terlihat.
3. Vaksin
Vaksin adalah bibit penyakit yang telah
dilemahklan atau dimatikan diberikan pada ayam dengan cara dan waktu tertentu
untuk merangsang pembentukan antibody atau zat kebal pada tubuh ayam untuk
melawan penyakit yang menyerang. Anti stress diberikan sebelum dan sesudah
vaksinasi.
Cara vaksinasi :
1.
Subcutan/suntik kulit leher
2.
Intra ocular/tetes mata.
3.
Intra nasal/tetes hidung.
4.
Drinking water/air minum.
5.
Intra muscular/suntik daging.
Jenis
vaksin : (vaksin
diberikan berdasar sejarah penyakit di lokasi tertentu)
1.
Aktif/hidup,
bibit penyakit yang digunakan masih hidup dan cepat direspon oleh organ
kekebalan.
Vaksin
untuk respon jangka pendek, misal vaksin ND live/hidup diberikan pada umur 4
hari, setelah 3 hari vaksin masuk ke tubuh ayam direspon oleh organ kekebalan
untuk mencegah penyakit yang menyerang ayam muda atau pada kurun waktu
pemberian vaksin umur 4 – 7 hari.
2.
Inaktif/mati,
bibit penyakit yang digunakan sudah mati dan lambat direspon oleh organ
kekebalan.
Vaksin untuk
respon jangka panjang, misal vaksin AI killed/mati diberikan pada umur 7 hari,
setelah beberapa hari atau perlu waktu yang lama sekitar 2 minggu vaksin
tersebut baru direspon oleh organ kekebalan untuk mencegah penyakit AI yang
menyerang pada umur 3-4 minggu/ dewasa, karena AI menyerang ayam dewasa.
|
||||||||||||||||
1. Petunjuk Pembelajaran
2. Uraian
Materi
Sebelumnya
kita sudah belajar mengenai pengertian dan kegunaan dari VOVD. Sudah paham
semuakan mengenai VOVD ? Baiklah akan kita bahas mengenai identifikasi
VOVD. Setelah itu, kita akan mengamati
bahan VOVD dan mengidentifikasinya.
ANALISIS PENILAIAN DAN HASIL BELAJAR
Tabel 1 Analisis Penilaian dan Hasil Belajar
IPK
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Nomor
Soal
|
3.5.1
Membedakan antara vaksin,
obat, vitamin dan desinfektan
|
4.
Pengertian vaksin, obat, vitamin, dan desinfektan
5.
Uraian tentang kegunaan vaksin, obat, vitamin dan
desinfektan
3.
Uraian tentang cara penggunaan vaksin, obat, vitamin dan desinfeksi
|
Disajikan
gambar vaksin, peserta didik dapat menjelaskan pengertian
VOVD
Disajikan
gambar obat, peserta didik dapat menjelaskan kegunaan
vaksin, obat, vitamin dan desinfeksi
Disajikan
gambar obat, peserta didik dapat menjelaskan cara
penggunaannya vaksin, obat, vitamin dan desinfeksi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1
2
3
|
Tabel 2 Rumusan Soal
Indikator Soal
|
HOTS/LOTS
|
RumusanSoal
|
Disajikan gambar vaksin, peserta didik
dapat menjelaskan pengertiannya
Disajikan gambar obat, peserta didik
dapat menjelaskan kegunaannya
Disajikan gambar vitamin, peserta
didik dapat menjelaskan cara penggunaannya
|
LOTS
LOTS
|
Setelah
melihat gambar vaksin, obat, vitamin dan desinfektan, jelaskan pengertiannya
Setelah
melihat gambar vaksin, obat, vitamin dan desinfektan, jelaskan kegunaannya
Setelah
melihat gambar vaksin, obat, vitamin dan desinfektan, jelaskan cara
kegunaannya
|
PENILAIAN HARIAN (PH1)
IDENTITAS
1.
Nama Siswa :
2.
Kelas :
3.
Mata Pelajaran :
4.
Hari/tanggal :
PETUNJUK
1.
Amati bahan vaksin, obat, vitamin
dan desinfektan dengan cermat!
2.
Pahamilah pertanyaan soal.
3.
Jawablah pertanyaan sesuai dengan
perintahnya!
SOAL
1.
Jelaskan pengertian vaksin, obat, vitamin dan desinfektan
2.
Jelaskan kegunaannya vaksin, obat,
vitamin dan desinfektan
3.
Jelaskan cara kegunaannya vaksin, obat,
vitamin dan desinfektan
JAWABAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
KUNCI JAWABAN
RUBRIK PENILAIAN
TES TERTULIS
Tabel 3 Rubrik Penilaian
Soal
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
a. Menjawab
4 bahan dengan tepat.
b. Menjawab
3 bahan dengan tepat.
c. Menjawab
2 nilai dengan tepat
d. Menjawab
1 nilai dengan tepat
|
4
3
2
1
|
2.
|
a. Menjawab
5 bahan dengan tepat.
b. Menjawab
4 bahan dengan tepat
c. Menjawab
3 nilai dengan tepat
d. Menjawab
2 nilai dengan tepat
|
4
3
2
1
|
3.
|
a. Menjawab
5 bahan dengan tepa
b. Menjawab
4 bahan dengan tepat
c. Menjawab
3 bahan dengan tepat
d. Menjawab
2 bahan dengan tepat
|
4
3
2
1
|
4.
|
a. Menjawab
5 bahan dengan tepa
b. Menjawab
4 bahan dengan tepat
c. Menjawab
3 bahan dengan tepat
d. Menjawab
2 bahan dengan tepat
|
4
3
2
1
|
Keterangan
Skor maksimal = 16
Nilai akhir : Skor
yang diperoleh
X 100
Skor maksimal (16)
Tabel 4 Analisis Hasil Penilaian
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
IPK BELUM TUNTAS
|
IPK YANG SUDAH TUNTAS
|
TINDAK LANJUT
|
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
Tabel 5
Tindak lanjut
PROGRAM REMIDIAL DAN
PENGAYAAN
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
IPK
|
PENGAYAAN REMIDIAL
|
RENCANA KEGIATAN
|
Jurnal Perkembangan
Sikap
Nama Sekolah :
Kelas/ semester :
Tahun Pelajaran :
Waktu :
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
KET.
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
6.
|
||||
7.
|
||||
8.
|
||||
9.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar